SEKILAS INFO

     » Alamat kantor: Mejayan      » Selamat Datang di Website Kantor Satuan Pamong Praja Kabupaten Madiun
Jumat, 29 Desember 2017 - 13:04:56 WIB
UPACARA PERINGATAN HARI IBU KE 89 PEMERINTAH KABUPATEN MADIUN 2017

Diposting oleh : SATPOL PP
Kategori: KEGIATAN PRAJA WIBAWA - Dibaca: 105 kali

 

PRAJA WIBAWA. Hari Ibu Indonesia lahir dari pergerakan bangsa Indonesia. Dalam pergerakan kebangsaan kemerdekaan, peran perempuan Indonesia menjadi bagian yang tidakdapat dipisahkan dalam perjuangan panjang bangsa ini untuk meraih kemerdekaannya. Keterlibatan perempuan dibuktikan melalui Kongres Perempuan Pertama 22 Desember 1928 di Yogyakarta yang telah mengukuhkan semangat dan tekad bersama untuk mendorong kemerdekaan Indonesia.

Hakekat Peringatan Hari Ibu (PHI) setiap tahunnya adalah mengingatkan seluruh rakyat Indonesia, terutama generasi muda akan arti dan makna Hari Ibu sebagai sebuah momentum kebangkitan bangsa, penggalangan rasa persatuan dan kesatuan serta gerak perjuangan kaum perempuan yang tidak dapat dipisahkan dari sejarah perjuangan bangsa Indonesia.

Bertempat Di Pendopo Muda Graha Kabupaten Madiun, Hari ini Jumat (22/12/2017) di laksanakan Upacara Peringatan Hari Ibu Ke 89 Tahun 2017. Selaku Inspektur Upacara Bapak Bupati Madiun , Komandan Upacara dipercayakan Kepada Saudara Rena Meta Wardani dan Sebagai Perwira Upacara Bapak Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kab Madiun Supriyadi AP, MSi. Sebagai Koordinator pelaksaanaan Upacara Kasi Perlindungan Masyarakat Agus Wardoyo SH, dibantu dengan Anggota Pelaksana Satuan Polisi Pamong Praja Kab Madiun.

Dalam Upacara peringatan Hari ibu ke 89 Tahun 2017 ini di Hadiri oleh Anggota Forpimda Kab Madiun,Wakil Bupati, Bapak. Sekretaris Daerah, Staf Ahli Bupati, Asisten Sekretaris Daerah, pimpinan OPD, Camat, Direktur BUMD Se Kab Madiun, Ibu Ketua Tim Penggerak PKK beserta pengurus, Ibu Ketua Bayangkari, Ibu Ketua Persit Kartika Candra Kirana, Ibu Ketua PIA adhi Gharini. Ibu Ketua Adhiyaksa Dharma Kharini, Ibu Ketua Dharma Yukti Karini , dan Ibu Ketua Darma Wanita Persatuan Kab Madiun

Bupati Madiun dalam amanatnya membacakan sambutan dr Ibu Menteri Pemberdayan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia,Yohana Yambisa "Peringatan Hari Ibu juga menunjukkan bahwa perjuangan kaum perempuan Indonesia, telah menempuh proses yang sangat panjang dalam mewujudkan persamaan peran dan kedudukannya dengan kaum laki-laki, mengingat keduanya merupakan sumber daya manusia dan potensi yang turut menentukan keberhasilan pembangunan.Momentum Hari Ibu juga dijadikan sebagai refleksi dan renungan bagi kita semua, tentang berbagai upaya yang telah dilakukan dalam rangka memajukanpergerakan perempuan di semua bidang pembangunan. Perjalanan panjang selama 89 tahun, telah mengantarkan berbagai keberhasilan bagi kaum perempuan dan kaum laki-laki dalam menghadapi berbagai tantangan global dan multidimensi, khususnya perjuangan untuk mewujudkan kesetaraan gender di Indonesia"

Perempuan dan laki-laki memiliki peran dan kedudukan yang setara di dalam mencapai tujuan negara serta di dalam memperjuangkan kesejahteraan di semua bidang pembangunan seperti bidang pendidikan, ekonomi, sosial, politik, dan hukum. Perempuan dan laki-laki juga mempunyai kesempatan, akses serta peluang yang sama, sebagai sumberdaya pembangunan sebagaimanatarget yang harus dicapai dalam tujuan pembangunan nasional jangka menengah dan jangka panjang maupun tujuantujuan pembangunan berkelanjutan sampai tahun 2030. Atas dasar inilah, PHI ke-89 Tahun 2017 mengangkat tema “Perempuan Berdaya, Indonesia Jaya”, dan sub tema:1.Meningkatkan akses ekonomi bagi perempuan menuju perempuan mandiri, sejahtera dan bebas dari kekerasan;2.Peningkatan ketahanan keluarga untuk mewujudkan keluarga yang kuat dalam berbagai bidang (kesehatan, ekonomi, pendidikan, kehidupan keluarga, kehidupan bermasyarakat dan kuat dalam menyikapi perbedaan budaya).

Di Akir sambutan beliau mengajak semua perempuan untuk maju terus, mampu menjadi sosok yang mandiri, kreatif, inovatif, percaya diri, dan meningkatkan kualitas dan kapabilitas dirinya, sehingga bersama laki-laki menjadi kekuatan yang besar dalam membangun keluarga, masyarakat dan bangsa. (Hr)

#kita_kerja
#penegak_perda
#praja_wibawa_jaya
#satpolpp_kab_madiun