SEKILAS INFO

     » Alamat kantor: Mejayan      » Selamat Datang di Website Kantor Satuan Pamong Praja Kabupaten Madiun
Rabu, 08 November 2017 - 07:48:16 WIB
PRESIDEN JOKO WIDODO SERAHKAN RIBUAN SERTIFIKAT TANAH

Diposting oleh : SATPOL PP
Kategori: umum - Dibaca: 18 kali

 

 

PRAJA WIBAWA. Senin, 6 Nopember 2017 Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo berkenan menyerahkan sebanyak 8.950 sertifikat tanah kepada warga dan petani dari 5 Kabupaten/ Kota bertempat di Alun-alun Ki Rekso Gati Mejayan Caruban. Ke 5 Kabupaten/Kota di maksud yaitu Kabupaten Madiun sebanyak 5000 bidang, kota Madiun sebanyak 200 bidang, Kabupaten Ngawi sebanyak 2500 bidang, Kab. Magetan sebanyak 1000 bidang dan Kab. Ponorogo sebanyak 250 bidang.

Hadir pada kesempatan Menteri Agraria dan Tataruang dan Kepala BPN RI, Gubernur Jawa Timur beserta anggota Forkopimda Jawa Timur, Kepala PBN di Jawa Jawa Timur, Bupati dan Walikota yang warga nya menerima sertifikat, Kepala OPD se Kab. Madiun, Camat se Kab. Madiun dan ribuan masyarakat yang menerima sertifikat.

Presiden RI Ir. H. Joko Widodo dalam sambutannya antara lain mengatakan , bahwa banyak masyarakat Indonesia yang akhr-akhir ini mengeluhkan masalah sertifikat tanah. Dijelaskan, bahwa sertifikat merupakan hak hukum bukti kepemilikan atas tanah yang dimiliki oleh masyarakat. Dengan adanya sertifikat tanah ini diharapkan tidak akan lagi ada sengketa tanah. Diinformasikan, bahwa pada tahun 2017 ini pemerintah menargetkan 5 juta bidang sertifikat tanah akan diselesaikan, tahun depan meningkat lagi menjadi 7 juta dan seterusnya menjadi 9 juta. Diharapkan di Jawa Timur pada tahun 2023 semua tanah sudah bersertifikat. Presiden RI berharap agar BPN kerja keras siang malam untuk dapat menyelesaikan sertifikat ini. Ini merupakan bentuk pelayanan aparat kepada masyarakatnya.

Kepada masyarakat yag menerima sertifikat Presiden RI Ir. Joko Widodo berpesan agar sertifikat disimpan dan dirawat yang rapi dan aman. Jangan lupa difotocopy agar kalau hilang dapat dengan mudah dicari penggantinya. Manfaatkan sertifikat ini untuk mendapatkan modal usaha dengan menjadikan sertifikat sebagai agunannya. Uang pinjaman dari bank hendaknya dimanfaatkan untuk modal kerja dan investasi. Jangan sekali-kali untuk membeli mobil atau motor. Sesuaikan pinjaman dengan kemampuan angsurannya agar sertifikat yang dimilikgi tidak hilang.

Sebagaimana biasa saat berkunjung ke daerah, Presiden RI selalu menyempatkan diri untuk bercanda dengan masyarakat dengan menghafal Pancasila serta membagikan hadiah sepeda angin dalam kunjungan kerjanya di wilayah Kabupaten Madiun.
Menteri Agraria dan Tataruang dan Kepala BPN RI Sofyan Al Jalil melaporkan bahwa pada tahun 2018 di Jawa Timur aka ada 6 Kab/Kota yang 100 % bersertifikat. Dan di Kab. Madiun tahun 2018 akan 100 % terdaftar dan untuk Jawa timut sertifikat tanah akanselesai pada tahun 2023. Ini sebagai komitmen pemerintah masalah sertifikat tanah untuk rakyat.

Pada pagi hari yang sama Presiden RI juga berkenan menyerahkan surat keputusan ijin pemanfaatan hutan perhutanan sosial ke warga di Kab. Madiun di Kel. Wungu kec. Wungu Kab. Madiun. (Humas)

#Kita_kerja
#satpolpp_kab_madiun
#praja_wibawa_jaya
#penegak_perda