SEKILAS INFO

     » Alamat kantor: Mejayan      » Selamat Datang di Website Kantor Satuan Pamong Praja Kabupaten Madiun
Selasa, 18 April 2017 - 21:25:42 WIB
Sosialisasi dan Pelatihan Penggunaan APAR pada Puskesmas Sumbersari

Diposting oleh :
Kategori: KEGIATAN PRAJA WIBAWA - Dibaca: 178 kali

Saradan. Bertempat di halaman Puskesmas Sumbersari Kecamatan Saradan, telah diadakan Sosialisasi dan pelatihan penggunaan APAR oleh Satuan Polisi Pamong Praja dalam hal ini dilaksanakan oleh Seksi Pemadam Kebakaran, Selasa (18/04/2017). Kegiatan ini di ikuti oleh seluruh kariyawan yang ada di Puskesmas Sumbersari yang berjumlah 47 orang kariyawan.

Kegiatan diawali dengan materi kelas yang yang pembukaan diawali oleh Kasi Pembinaan, Pengawan dan Penyuluhan Bpak Yuwana Lilik Apriadi di dampingi oleh Anton Ali Wardana sebagai pemateri . Dalam kesempatan itu peserta diberikan pemahaman mengenai beberapa hal penting yang berkaitan dengan peristiwa kebakaran diantaranya adalah proses terjadinya api (segitiga api), pemadaman api, dan beberapa materi lainnya.

setelah materi kelas selesai di sampaikan kemudian peserta di ajak untuk berlatih dan mencoba pemadaman api menggunakan alat trdisional yaitu menggunakan karung goni yang dibasahi. Metode ini merupakan metode pemadaman api yang paling sederhana dan cukup berbahaya karena pemadaman harus sedekat mungkin dengan titik api. selanjutnya setelah para peserta mencoba memadamkan dengan karung goni dilanjutkan dengan pemadaman menggunakan APAR, penggunaan APAR ini relatif lebih mudah dan lebih aman karena bisa melakukan pemadaman dari jarak 3-5 meter dari titik api, akan tetapi harus menguasai teknik pemadaman yang benar sehingga titik api bisa padam dengan sempurna sebelum titik api menjadi besar dan lebih sulit di padamkan nantinya.

kegiatan ini dimulai pada pukul 12.30 WIB ini pemateri juga menambahkan pembuatan jalur evakuasi dan penyelamatan diri serta pembentukan cluster cluster tim penanganan kebakaran. kegiatan ini dapat berjalan dengan aman dan lancar dan selesai pada pukul 16.00 WIB. (jai/hr)