SEKILAS INFO

     » Alamat kantor: Mejayan      » Selamat Datang di Website Kantor Satuan Pamong Praja Kabupaten Madiun
Senin, 06 Februari 2017 - 20:15:15 WIB
Tempat Usah Pemurnian pasir belum berizin di tertibkan Satpol PP

Diposting oleh :
Kategori: SATUAN POLISI PAMONG PRAJA - Dibaca: 223 kali

Madiun. Kegiatan Usaha Pencucian dan Pemurnian pasir Sido Makmur di Desa Sangen Kecamatan Geger Kabupaten Madiun ditutup tim gabungan,karena tidak memiliki izin usaha dari instansi Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Madiun ,di samping itu perusahan yang memasok pasir dari daerah Bader tersebut telah menyalahi Peraturan daerah No. 11 Tahun 2010 Pasal 1 ayat 10 Tentang Izin Gangguan.

Penertiban yang dilakukan ini adalah salah satu bukti Satuan polisi Pamong Praja Kabupaten Madiun tidak tinggal diam terhadap segala macam bentuk pelanggaran Peraturan Daerah ( PERDA) dan Peraturan Kepala Daerah ( PERKADA),

"Kami sebe;umnya pekan lalu, menerima pengaduan kelompok tani desa setempat. mereka mengadukan akibat dari usaha pencucian pasir ini, mengakibatkan tanah persawahan di kanan kiri dan belakang banyak yang mengalami kerusakan, belum lagi saluran irigasi di depan Tempat usaha ini menjadi kian dangkal,"jelas Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Penanaman Modan dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Madiun , Suryanto.

Dikatakannya, Pengolahan dan pemurnian pasir Sido Makmur ini telah menyalahi SOP Pergub No. 49 Tahun 2016 tentang Pedoman Pemberian izin Bidang energi dan Sumber Daya Mineral. Selain itu tidak sesuai dengan rencana tata ruang wilayah (RTRW) Kabupaten Madiun .kemudian lokasi tempat usaha di datangi tim gabungan Dari dinas yang terkait , pemilik usaha mengaku jikalai selama ini usaha yang dia jalankan memang belom memiliki izin oprasi dari Pemerintah Daerah.

salah seorang warga mengatakan "Kami melaporkan kejadian kerusakan lingkungan  ini kepada instansi terkait, kami sangat bersyukur usaha ini ditutup,karena banyak sekali kerugian yang kami alami , tanah menjadi keras sehingga menganggu hasil pertanian" ucar seorang petani yang ikut menyaksikan penutupan lokasi usaha PEngolahan dan Pemurnian Pasir.

ketika tim gabungan datang pemilik usaha tidak dapat menunjukan kelengkapan izin operasional tempat usahanya sehingga Petugas Langsung melakukan Tindakan tegas dengan menyegel dan menutup tempat usah tersebut , Pemasangan papan penyegelan sesuai dengan perda no 11 tahun 2010 pasal 1 ayat 10 tentang izin gangguan , pemilik tempat usaha tidak dapat berbuat banyak atas penyegelan tersebut.(hr)